galerikotak

koleksi karya abu fadhli

Multimedia Expo 2011 (tugas layout)

Untuk tugas layout pameran, aku mencoba untuk membuat layout pameran tentang multi media. Hal ini agar layout ini dapat aku manfaatin lagi kelak di kemudian hari juga dibutuhkan. Gambarnya adalah kayak gini :
Adapun keterangan dibalik pembuatannya sebagai berikut :

BAB I

LATAR BELAKANG

Pameran merupakan bentuk mediasi dari suatu gagasan yang ingin disampaikan atau diinformasikan kepada publik. Publik menjadi alasan dan tujuan utama bagi sebuah pameran (bentuk pendekatan target). Untuk membuat inovasi display pameran secara aktif, perlu seiring sejalan dengan orientasi dan tujuan kepentingan publik, sebab pameran menjadi jembatan kepentingan tersebut. Jadi publik menjadi  dasar perencanaan dan sasaran pelaksanaan program pameran. Namun dengan pendekatan ini bukan berarti suatu institusi harus mengorbankan “nilai-nilai” yang diembannya (visi dan misi). Justru “nilai-nilai” tersebut dikuatkan dengan cara sajian dan kemasan yang akrab dengan publik.

Empat hal yang perlu diperhatikan dalam environmental preference, yaitu: coherence, complexity, legibility dan mystery.

  1. Coherence adalah tingkatan obyek yang saling tergantung atau saling memiliki atau terorganisasi, dimana semakin besar tingkat koherennya maka akan semakin besar peluang obyek tersebut dipilih untuk dilihat.
  2. Legibility adalah tingkatan yang dapat membuat publik untuk mudah memahami isi obyek. Jadi  apabila suatu obyek itu semakin mudah dipahami, maka obyek tesebut makin besar peluangnya untuk dilihat.
  3. Complexity adalah tingkatan dari jumlah dan variasi elemen-elemen dari obyek, dimana unsur komposisi mempunyai peranan yang penting dalam aspek ini. Jadi semakin variatif obyeknya, maka akan semakin besar peluangnya untuk dilihat.
  4. Mystery adalah tingkatan dimana obyek  berisikan informasi yang tersembunyi, sehingga dengan adanya salah satu hal yang tidak tergambarkan dalam obyeknya maka akan dipilih untuk dicari informasinya.

Untuk dapat lebih memahami bagaimana membuat suatu display pameran yang berorientasi dan bertujuan pada kepentingan masyarakat, maka disusunlah makalah ini. Makalah ini mengambil judul “Layout Multi Media Expo 2011”. Makalah ini mengangkat rumusan masalah bagaimana teknik pembuatan display pameran multimedia? Dari sini tujuan yang diharapkan adalah agar dapat memberikan gambaran tentang proses pembuatan suatu display mulai dari pencarian tema, tujuan pembuatan pemeran, teknik yang digunakan hingga prinsip-prinsip desain apa saja yang perlu diperhatikan.

Dari penulisan makalah ini diharapakan dapat memberikan manfaat yang banyak kepada pembaca dan terutama kepada penulis. Adapun manfaat yang diharapkan antara lain adalah dapat menambah pegetahuan dan pengalaman teknis dan praktis dalam pembuatan display pameran. Sedangkan untuk pembaca, semoga makalah ini dapat dijadikan contoh jika dianggap baik dan pelajaran jika ternyata terdapat banyak kekeliruan. Selain itu juga semoga dapat memberikan gambaran informasi serta tambahan ide dalam teknik pembuatan display.

Akhirnya saran yang banyak dari pembaca yang budiman selalu dinantikan. Dimana kritik membangun dapat memperkaya wawasan dan masukan yang positif dapat memperbaiki suatu kesalahan menjadi karya yang bernilai.

BAB II

KONSEP PENCIPTAAN DISPLAY PAMERAN

  1. Proses

Ide pembuatan pameran ini berawal dari keharusan suatu institusi pemerintahan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat  atas kinerja yang akan, sedang dan telah dikerjakan. Untuk itu diperlukan suatu sarana atau media untuk proses diseminasi informasi tersebut. Salah satu media yang dapat dipergunakan adalah dengan mengadakan pameran untuk menunjukan kinerja institusi pemerintah tersebut. Selain itu pameran yang akan diselenggarakan, dapat  digunakan oleh institusi pemerintah yang bersangkutan sebagai media promosi institusi kepada masyarakat. Sehingga dengan adanya pameran dapat memberikan keuntungan ganda baik bagi masyarakat maupun bagi insitusi pemerintah sendiri.

Pameran yang dimaksud adalah pameran tentang multimedia yang rencananya akan diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta. Oleh institusi, pameran ini diharapkan dapat berperan sebagai media diseminasi informasi tentang hasil kegiatan belajar mengajar di lingkungan STMM “MMTC” Yogyakarta. Sehingga konsep display pameran yang akan diadakan nantinya akan banyak memamerkan hasil karya mahasiswa selama mengikuti pendidikan si STMM “MMTC” Yogyakarta. Dan pameran ini mengambil tema perpaduan antara instrumen musik dengan alam.

Tujuan pembuatan layout display sendiri adalah sebagai acuan dalam menyelenggarakan pameran. Maksudnya adalah agar pembuatan display pameran tersebut telah terencana dengan baik dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan suatu display. Hal ini penting untuk menghindari kebingungan dalam pelaksanaan kegiatan, mencegah kekacauan pengunjung dan mengurangi kesalahan yang tidak peru sehingga dapat mengefisiensi biaya penyelengaraan.

Dalam penyusunan layout suatu pameran terlebih dahulu digali ide bentuk display pemeran yang akan disusun. Penggalian ide ini dapat dilakukan dengan cara banyak melihat contoh display pameran yang sudah ada. Contoh pameran tersebut dapat dilihat melalui internet atau buku-buku tentang display atau desain interior ruangan. Dapat juga melalui pengalaman langsung dengan melihat sendiri display pameran yang telah diselenggarakan. Hal ini dapat memperkaya khasanah ide dan gambaran tentang display pameran.

Setelah itu membuat beberapa sketsa layout display pameran. Teknik menggambar sketsa ini dapat dengan goresan tangan atau dengan bantuan aplikasi komputer seperti coreldraw.  Dari beberapa sketsa tersebut dipilih satu sketsa yang memungkinkan untuk dijadikan display pameran dan sesuai dengan tujuan dan tema pameran. Selanjutnya dari display terpilih siap untuk dijadikan gambar layout tiga dimensi.

Gambar layout tiga dimensi ini dibuat dengan bantuan aplikasi komputer. Dan aplikasi komputer yang relatif mudah untuk mengerjakan hal tersebut adalah Auotudeks 3ds Max. Dengan dibuatnya gambar layout tiga dimensi ini, maka akan dapat memberikan gambaran gravis visual hasil display yang akan disusun kelak.

  1. Uraian Visual

Uraian visual dari gambar layout tiga dimensi “Multi Media Expo 2011” adalah sebagaiman diurakan dibawah ini.

Bentuk pameran yang akan diselenggarakan adalah mengikuti pola bentuk bangunan yaitu persegi panjang dengan ukura 4 m x 3 m x 2 m. Bentuk alur pengunjung diatur dengan mengikuti model huruf U. Bentuk material pendukung diusahakan disesuaikan dengan tema pameran yaitu instrumen musik.

Gapura selamat datang yang dibuat menyerupai headset/earphone. Di tengah atas gapura tesebut terdapat tulisan selamat datang yang ditempatkan menyatu dengan gapura tersebut. Materi pameran yang akan dipamerkan antara lain adalah berupa hasil desain grafis seperti poster, leaflet dan benner; bentuk audio visualsehingga diperlukan monitor komputer atau televisi flat; dan hasil karya fotografi kegiatan mahasiswa.

Backdrop display dibuat menyerupai kertas yang mengalir dari atas ke bawah. Backdrop ini dibuat memenuhi dinding belakang dan terdapat tulisan MEX ’11 dan keterangan pameran lainnya. Panel untuk memajang gambar poster dan fotografi dibuat dengan bentuk persegi panjang yang diletakan dalam bingkai kerangka besi. Hal ini untuk memberikan kesan minimalis dan artistik. Untuk lantai masih ditambah panggung setinggi 20 cm dengan membentuk huruf U terbalik. Bentuk ini secara tidak langsung memberikan petunjuk tentang arus pengunjung.

Gaya yang diusung dari penyelenggaraan pameran ini adalah gaya minimalis dengan dimemberikan sedikit sentuhan dekoratif secara visual. Minimalis ini ditandai dari bentuk material pendukung yang berupa bentuk bangun sederhana seperti lingkaran atau kotak. Sedangkan unsur dekoratifnya ditandai dengan memberikan efek grafis printing dekorasi seperti ukiran atau tekstur lainnya.

Warna dominan dari pameran ini adalah warna-warna terang. Yaitu perpaduan antara warna merah dan kuning dengan sedikit warna hijau muda menuju kuning. Warna-warna tersebut akan memberikan kesan yang kuat dan menggembirakan. Sehingga efek positif dari warna tersebut dapat mempengaruhi pengunjung. Adanya warna kuning juga akan mamberukan kesan luas. Adanya warna hijau muda akan membantu mengkombinasikan warna kuning yang terkenal sukar dikombinasikan.

Ilustrasi yang ditampilkan dalam display pameran ini akan disesuaikan dengan tema pameran yaitu instrumen musik dan unsur alam. Hal ini untuk dapat menjelaskan secara tidak langung tema pameran yang diusung kepada pengunjung. Namun untuk materi pameran tidak memungkinkan disesuaikan denga tema karena hasil karya mahasiswa bebas dari ketentuan tema. Ilustrasi tersebut akan digunakan sebagai backdrop, penutup lantai, wallpaper dan gapura selamat datang.

Typografi yang ada dalam display pameran didominasi oleh huruf broadway dengan berbagai ukuran. Untuk tulisan selamat datang dipilih huruf mistral yang bersambung. Begitu juga huruf MEX’11 dugunakan huruf mistral dengan harapan lebih dinamis. Untuk tulisan keterang dibawah tulisan MEX’11 digunakan broadway yang juga memberikan kesan dinamis dan kocak. Sedangkan typografi untuk keterangan materi pameran digunakan huruf arialrounded MT Bold.

 BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

  1. Multi Media Expo 2011 ini diselenggarakan dengan mengusung tema musikal harmonis alam dengan judul pameran MEX’11 yang merupakan akronim dari Multi Media Expo 2011.
  2. Kegiatan pembuatan layout pameran ini dimulai dari penggalian ide diikuti pembuatan sketsa hingga pembuatan layout gambar tiga dimensi.
  3. Bentuk pendukung disesuaikan dengan tema dengan mengusung gaya minimalis dekoratif yang menampilkan warna dominan perpaduan merah dan kuning sehingga memberikan efek gembira kepada pengunjung. Adapun materi pameran meliputi hasil karya desain grafis, audio visual dan fotografi kegiatan mahasiswa.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s