galerikotak

koleksi karya abu fadhli

MEDIA AUDIO VISUAL ITU BERNAMA TELEVISI

MEDIA AUDIO VISUAL ITU BERNAMA TELEVISI

Televisi merupakan perangkat elektronik yang paling populer dan paling diminati oleh masyarakat secara luas. Televisi dimiliki oleh hampir semua lapisan masyatakat dan seolah-olah produk yang tidak mengenal kelas. Kemudian apa yang menjadi karakteristik dari televisi? Dan apa dampak televisi sebagai media massa? Itulah yang menjadi rumusan permasalahan dan memberigan gambaran tema yang jelas dari tugas ini maka dipilihlah judul “Media Audio Visual Itu Bernama Televisi”. Semoga bermanfaat bagi semua pihak terutama penulis.

Televisi secara harafiah artinya “melihat dari jauh” dan pesawat televisi adalah alat yang dapat digunakan untuk melihat dan mendengar dari tempat yang jauh. Dengan televisi, peristiwa yang terjadi di belahan bumi yang berbeda dalam waktu bersamaan dapat diikuti khalayak di belahan bumi yang lain, dengan jumlah penonton yang relatif tidak terbatas jumlahnya (Morissan, 2005).

Televisi dianggap sebagai media yang mampu menyiarkan informasi secara memuaskan. Hal ini disebabkan dua faktor yang terdapat pada media massa tersebut, yaitu :

  1. Immediacy, menyangkut pengertian langsung dan dekat, yakni peristiwa yang disiarkan oleh stasiun televisi dapat dilihat dan didengar oleh pemirsa pada saat peristiwa tersebut berlangsung.
  2. Realism, mengandung makna kenyataan, ini berarti bahwa stasiun televisi menyiarkan informasi audio dan visual dengan perantara mikrofon dan kamera apa adanya sesuai dengan kenyataan

Televisi dapat dikelompokkan sebagai media yang menguasai ruang tetapi tidak menguasai waktu. Sementara media cetak menguasai waktu tetapi tidak menguasai ruang. Artinya, siaran dari suatu media televisi dapat diterima dimana saja dalam jangkauan pemancarnya (menguasai ruang), tetapi siarannya tidak dapat dilihat kembali (tidak menguasai waktu). Televisi hanya dapat dilihat sekilas dan tidak dapat diulang, media cetak dapat dibaca kapan saja (Morissan, 2005).

 

Kata kunci efek televisi di search engine akan memberikan banyak ulasan tentang efek dari televisi terutama dari sisi negatifya. Dari situs AnneAhira.com terdapat ulasan tersebut yang mampu mewakili semua ulasan yang ada. Berikut kutipannya berikut keterangan yang ada di AnneAhira.com.  

Dari sisi positif, efek pertama adalah dalam hal penyajian berita. Televisi umumnya selalu up to date, mampu menyajikan berita terbaru langsung dari lokasi kejadian. Hal ini akan memberikan informasi dan wawasan yang cukup luas secara cepat. Kedua, para pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi yang berhubungan dengan pendidikan. Pengaruh positif televisi ketiga adalah bisa menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan hiburan yang disajikan oleh stasiun televisi. Mulai dari acara kuis, film, sinetron, atau hiburan-hiburan yang lain. Keempat televisi banyak menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh, baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan, atau yang lainnya. Figur-figur yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu untuk mencontoh kesuksesan mereka.

Pengaruh negatif televisi yang paling utama adalah membuat Anda lupa waktu. Bila sudah menonton televisi, Anda mungkin akan merasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi pelajar, pengaruh negatif televisi yang satu ini tentu sangat merugikan, karena mereka bisa saja akan lupa untuk belajar. Kedua banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan seorang anak. Film kekerasan atau berita kriminal adalah beberapa acara yang tidak patut ditonton oleh anak kecil maupun remaja. Mereka bisa meniru adegan kekerasan atau tindak kriminal yang mereka tonton di televisi. Ketiga televisi mampu meningkatkan daya konsumtif masyarakat. Di televisi, banyak sekali iklan-iklan yang menyajikan berbagai barang. Siapapun bisa menjadi korban iklan televisi. Terakhir menonton televisi terus-menerus dapat mangganggu kesehatan. Mata Anda perlu istirahat dan tidak menonton televisi dalam waktu lama.

McLuhan mengatakan “Medium is the message”. Dimana kehadiran media massa telah lebih banyak mengubah kehidupan manusia, lebih dari apa isi pesan yang media massa sampaikan (Anita,2011).

DAFTAR PUSTAKA

Anita, S. B., 2011, Perspektif Marshall McLuhan Mengenai Komunikasi Massa, http://nitastory.blogspot.com diunduh tanggal 7 Juni 2011 pukul 13.30

Morissan, 2005, Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi, Ramdina  Prakarsa, Tangerang.

………………., Mengenal Dampak Positif Dan Negatif Televisi, www.AnneAhira.com diunduh tanggal 7 juni 2011 pukul 13.45.  

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s